Rabu, 12 Mei 2010

Hard Computing

Bila kita membicarakan, pada umunya kita akan membandingkan dengan soft computing, apa perbedaannya….

Soft computing merupakan suatu proses yang berjalan secara automatis dalam computasi, berbeda dengan hard computing,hard computing hanya kan melakukan suatu proses yang kita inginkan saja.

Misalnya ada beberapa metoda yang biasa digunakan oleh soft computing, seperti : fuzzy logic, neural network,probabilistic reasong.Metoda - metoda yang digunakan oleh soft computing berbasiskan AI( Artificial Inteligence ), metoda ini akan meghasilkan suatukesimpulan atau hasil yang belum tentu akurat, namun dapat memecahkan masalah bila kita harus mendapatkan jawaban dari kemungkinan - kemungkinan yang ada. Jadi hasil yang di dapatakn belum tentu benar akan tetapi kita dapat membangunnya untuk mendekati kemungkinan yang paling tepat dengan cara memberi input -input an yang akurat pada program tersebut.

Berbeda dengan hard computing, hard computing akan memberikan suatu nilai yang pasti, namun tidak dapat mengambil kesimpulandari kemungkinan - kemungkinan yang ada.

Sebagai contoh program yang menggunakan metoda hard computing,misalnya kita membuat program perhitungan pada calculator, atau perhitungan konversi.

Sedangkan pada soft computing contohnya dapat kita temukan pada game catur yang dapat bermain dengan komputer.

Dapat dilihat perbedaan dari kedua contoh diatas, bahwa hard komputing dapat digunakan pada sesuatu yang pasti, sedangkan soft computing dapat digunakan oleh suatu permasalahan yang memiliki banyak kemungkinan.

1 komentar: